Selasa, 08 Mei 2012

Compare: WhatsApp vs KakaoTalk (Android Messenger)


Compare: WhatsApp vs KakaoTalk (Android Messenger)


WhatsApp
Pasti anda tahu WhatsApp kan? Ini adalah salah satu Aplikasi Chat paling populer di Android. Bahkan di berbagai website yang pernah saya kunjungi, aplikasi ini selalu masuk dalam aplikasi yang wajib di install. WhatsApp juga sering di sebut sebagai ‘BBM’ atau ‘BBM Killernya’ Android.

KakaoTalk
Aplikasi Chat yang tak kalah populer dengan WhatsApp. Bagi saya aplikasi chat Android ini bisa juga di sebut aplikasi chatnya orang Korea. Kenapa? Karena sangat mudah menemui orang korea lewat fitur Find yang tersedia di KakaoTalk.

Kedua aplikasi ini layak di sandingkan, karena dua aplikasi chat populer Android ini yang paling banyak di unduh di Google Market (sekarang Google Play).


1.Head to Head
Download & Rating di Google Play
Seperti anda lihat sendiri, KakaoTalk sejauh ini mendapatkan 832,993 rating berbanding 683,706 milik WhatsApp. Rating akan terus bertambah setelah pengguna member rating dan komentar tentang kedua aplikasi tersebut. Angka yang sama terdapat di 10,000,000+ download. Untuk besarnya ukuran ini juga penting, karena app chat sebaiknya tidak terlalu besar. WhatsApp lebih besar, 4.59 MB, berbanding KakaoTalk 4.46 MB. 

2.Tampilan, User Interface
WhatsApp:
Ketika anda membuka WhatsApp tampilan awal dan tetapnya adalah daftar chat dan grup chat anda (jika anda ada membuat/masuk dalam sebuah grup chat).


Untuk melihat contact anda harus menyentuh tombol pensil di pojok kanan atas.








KakaoTalk:
Inilah tampilan awal KakaoTalk ketika anda membukanya
Terdapat 4 tab. Yaitu Friends, Chats, Friends? (Recomemended Friends), dan More yang berisi settingan. Ketika anda menutup dan membuka kembali KakaoTalk maka tergantung pada tab terakhir yang ada gunakan. Misalnya, terakhir kali anda membuka tab 'Friends?', ketika anda membuka KakaoTalk kembali maka akan tetap di tab 'Friends?'. Tidak seperti di WhatsApp yang apa bila kita buka selalu menampilkan Chat. 


3.Kontak
WhatsApp:
Di WhatsApp kontak secara default beravatar Robot Android. Jika ingin menggantinya dengan foto/avatar lain, anda di haruskan menetapkan avatar teman anda (ini yang agak janggal) caranya dengan menambahkan foto di kontak asli bawaan hp anda. Ketika sudah terganti, maka avatar akan muncul di kontak WhatsApp. Simplenya gini, Kontak HP = Kontak WhatsApp anda.
Jika status kontak anda kepanjangan dan kepotong alias tidak terbaca, anda di haruskan menyentuh kontak tersebut. Maka akan menjadi 1:1 chat
Lalu sentuh tombol menu, terdapat banyak pilihan yaitu View Contact, Attach, Call, Wallpaper dan More.
Sentuh View contact maka akan muncul Contact Info. Terdapat nama, status (kini status yang kepanjangan dapat di baca), dan grup (jika kontak itu satu grup dengan anda), paling  bawah no handphone kontak. Di sampingnya terdapat icon call dan whatsapp.

KakaoTalk:

KakaoTalk Contact ada di tab Friends. Pada KakaoTalk pembagian kontak sangat bagus, sama seperti Contact bawaan HP anda. Di sampingnya terdapat pemintas dari A-Z, jadi jika anda ingin mencari teman anda dengan awalan ‘O’ hanya perlu menyentuh huruf ‘O’ di pemintas tersebut. Jadi anda tidak perlu repot untuk menscroll ke bawah.
      Berbeda dengan WhatsApp, avatar di KakaoTalk adalah bawaan dari profil teman anda.

 

  

 

 

 

 


4.Chat
WhatsApp:
Pada chat di WhatsApp terdapat emoticon yang di bagi menjadi 4 bagian.







      Keunggulan Chat di WhatApp adalah ada semacam pemberitahuan atau status di bawah nama kontak teman anda. Seperti yang kamu bisa lihat sendiri, ‘last seen yesterday at 18:25’. Pemberitahuan itu bisa berubah menjadi ‘Online’ ketika teman mu sedang online dan menjadi ‘typing…’ berarti teman mu sedang mengetik. Perlu di perhatikan, ketika kamu lagi chat 1:1 jika centangnya masih menunjukkan satu centang berarti chat kamu masih pending. Jika centangnya sudah dua, berarti sudah terkirim. Mudah bukan?
Masih ada option lain juga loh, kamu bisa mengganti wallpaper dengan cara menyentuh tombol menu. Di more juga ada opsi untuk Block, atau add Shortcut (pemintas) ke homescreen. Jadi kamu bisa langsung chat dengan cepat ke teman, tanpa perlu membuka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.

KakaoTalk:
Berbeda dengan WhatsApp, emoticon dan attach KakaoTalk ada di bagian kiri bawah, tapi emotnya akan muncul di atas. Terdapat pula recent emot (ada di samping emoticon berbentuk wajah). Dengan ini tentunya memilih emot yang kita inginkan bisa lebih cepat. Ada juga emoticon yang bisa bergerak2, seperti foto berformat .gif


Untuk file attach, sama seperti WhatsApp. Hanya saja tidak ada pilihan untuk membagi map lokasi pengguna, mungkin Kakao menganggap tidak terlalu penting.
Jika chat masih ada angka '1' berarti chat anda masih pending. Kalau sudah tidak ada berarti sudah terkirim.
 



 
5.Fitur
WhatsApp:
Fitur di WhatsApp saya rasa hanya itu saja. Tidak ada lagi yang spesial.

KakaoTalk:
  • Fitur Find dengan Name/Phone No. Search
  • Edit dan bisa menghidekan Contact
  • Recommended Friends
  • Notices: Melihat apa saja update terbaru dari Kakao. bisa juga melihat penambahan fitur yang akan datang.
  • Item Store: Untuk membeli emoticon premium, tapi ada juga yang gratis. Tentunya hanya trial yaitu ada masa berlaku. Untuk membeli emoticon di item store, anda harus membuat Kakao Account terlebih dahulu.
  • Plus Friend: Plus Friend adalah teman plus, biasanya artis/perusahaan yang menggunakannya. Kita bisa meng-add tapi tidak bisa untuk chat. Keuntungannya, bisa mendapat update terbaru dari artis yang sudah kita jadikan plus friend. Bisa mengunduh file, foto, video, dll. Juga bisa 'visit home' untuk melihat update berita terbaru. Kita juga bisa merekomendasikan lewat 'recomended' plus friend kepada teman yang ada di kontak kita. Jika kita tidak ingin mendapatkan berita terupdatenya lagi, tinggal block saja.
  • Setting>Message Alert>Pop-up: Screen Off Mode. Jadi ketika layar HP kita mati dan ada chat masuk, maka akan ada pop-up screen. Tinggal menyentuh view atau close untuk melihat atau mengabaikan chat tersebut.
  • Setting>Alert Sound: Bisa mengganti alert sound bawaan dari Kakao. Seperti KaTalk, KaTalk Alert, feat.Obama, TriAngle, Pororong, dll
  • Setting>Theme Setting: Bisa mengganti tema. Sepertinya jika ingin mengganti theme, anda harus mendownloadnya dulu di Google Play.
  • Setting>Passcode Lock: Untuk mengunci KakaoTalk
6.Sistem
WhatsApp:
Hanya terdapat satu cara untuk menambahkan teman, yaitu dengan menambahkan nomor HP ke kontak bawaan HP kita.


KakaoTalk:
Ada dua cara untuk menambahkan teman, yaitu dengan ID dan nomor HP. Untuk ID kamu harus mencentangkan 'My ID subject to search' di My Profile. Agar jika orang meng-search anda, kontak anda akan muncul.


Kelebihan:
WhatsApp: 
  1. Mendukung perangkat iPhone, Android, Blackberry dan Nokia
  2. Tampilan simple dan mudah di operasikan
  3. Chat cepat dan mudah masuk, walaupun di koneksi yang lamban
  4. Emoticonnya lebih banyak
KakaoTalk:
  1. Mendukung perangkat iPhone, Android, Blackberry
  2. Fitur Find
  3. Recomended Friends
  4. Notices
  5. Item Store
  6. Plus Friend
  7. Pop-up Screen off mode
  8. Alert Sound
  9. Theme setting
  10. Passcode Lock
  11. Emoticon bergerak
  12. Bisa forward chat ke contact teman kita

Kekurangan:
WhatsApp:
  1. Free Trial (gratis) hanya selama satu tahun
  2. Tidak ada fitur Find
  3. Tidak ada my profile

KakaoTalk: 
  1. Tidak ada waktu terakhir kali kontak teman kamu online ('last seen'), tidak bisa melihat sedang online, dan sedang  mengetik ('typing') 
Jadi yang manakah pilih anda? Jika menggunakan kedua messenger ini secara bersamaan tentu akan membuat phone anda lebih boros baterainya.

Sekian dulu artikel yang saya tulis. Mohon untuk tidak meng copy-paste isi dari artikel ini. Hargai lah penulis. Terimakasih.

8 komentar:

  1. mon buka review app ini dung...

    aplikasi namanya wechat

    whatsapp lewat kayaknya :p

    follback twitter dung....
    Zayn_Sone

    BalasHapus
  2. Wechat terlalu berat menurut saya, lagian untuk di indonesia wechat masih kurang populer, dengan menu shake atau drift bottle di wechat selalu saja ketemunya orang2 dr negara china, thailand atau vietnam.

    BalasHapus
  3. cara add friend dengan nomor HP gimana?

    BalasHapus
  4. Bagaimana cara mencari acak orang yang main kakaotalk kaya mencari teman fb... Makasih

    BalasHapus
  5. Gimana caranta bisa tahu kalau kita di block seseorang di kakaotalk?

    BalasHapus
  6. W ketemu sama orang Rusia make kakao,Ampe sekarang masih seting bales pesan,😊

    BalasHapus